Friday 7 November 2014

Berharap Anak Sholeh,Orang Tua Dahulu Harus Sholeh

Semua orang tua pasti berharap mempunyai anak yang sholeh. Memang mempunyai anak yang sholeh adalah dambaan tiap orang tua. 
Betapa bahagianya mempunyai anak yang sholeh, apalagi dijaman sekarang pergaulan anak anak sudah semakin susah untuk di kontrol. Dengan kemajuan teknologi yang semakin maju justru membuat anak anak kita sudah ketahigan bermain game. 
Kita sering mendengar banyak kejadian anak anak yang membuat kita merasa sedih atas tingkah laku anak anak. Menjadikan anak yang sholeh adalah tanggung jawab orang tua dan hal tersebut tidaklah instan/mudah didapat, perlu bimbingan dari sejak kecil. Artian sholeh disini bahwa anak itu taat dengan aturan baik aturan dari orang tua, aturan dilingkungan sekolah dan tentunya taat sesuai yang agama islam ajarkan.

Rasulullah saw bersabda, “Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak sholeh yang mendoakan untuknya.” (HR. Muslim)


Ketika kita mendambakan anak yang sholeh tentunya orang tua harus bertingkah/berlaku sholeh terlebih dahulu. Jangan sampai kita menyuruh anak untuk mengaji/sholat tetapi orang tua malah tidak mengaji/sholat. Kita sebagai orang tua harus memberikan contoh terlebih dahulu untuk memulai dan anak pasti akan mengikuti apa yang orang tua lakukan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orangtua yang ingin memiliki anak-anak yang sholeh dan sholehah yaitu senantiasa berdoa kepada Allah swt. Hal ini sesuai dengan amalan para nabi dan rasul yang selalu memohon kepada Allah swt untuk diberikan keturunan yang baik. Firman Allah swt, “Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imran:38)


Anak sholeh adalah tabungan kita baik didunia dan diakhirat kelak. Tantangan jaman sekarang untuk menjadikan anak sholeh memang sangat berat, terdapat berbagai macam macam godaan dari kondisi diluar, misal dengan adanya TV/SmartPhone, anak anak sekarang lebih suka dengan dua hal tersebut. Kalau kita tidak bisa membatasi dan mengajari mana yang baik pasti akan berperngaruh untuk tingkah laku anak anak kita. Tanamkanlah nilai nilai kesholehan sejak dini pada anak niscaya dalam perkembangan anak akan sesuai yang diharapkan. 

Dalam membesarkan dan mendidik anak, hendaklah orangtua menanamkan akidah dan akhlak yang baik sesuai syariat Islam di dalam diri sang anak. Akidah dan akhlak yang mantap merupakan jaminan kebahagiaan dan keselamatan hidup manusia, baik di dunia dan di akhirat. Dengan akidah dan akhlak yang baik, anak-anak akan senantiasa dapat menjaga keimanan mereka.

Amalan yang paling penting dalam membesarkan anak-anak yaitu memberi mereka makan dari sumber yang halal. Firman Allah swt, “Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaithan; karena sesungguhnya syaithan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al Baqarah:168)

Semoga kita bisa menjadikan anak anak kita jadi anak yang sholeh/sholehah...aminnnn.








No comments:

Post a Comment