Sunday 9 November 2014

Ketika Anak Jalan Duluan Atau Bicara Duluan

Ketika sang buah hati menginjak umur 12 bulan ( 1 tahun ) sudah banyak perkembangan pada sang buah hati dan bahkan sudah ada yang bisa jalan sendiri,ada yang baru mulai rambatan belajar jalan, ada yang belum mulai untuk tanda tanda jalan tetapi sudah lancar untuk berbicara.


Memang dua hal inilah yang sering terjadi pada anak pada usia tersebut, ketika sudah mulai bisa jalan tetapi untuk pandai berbicara belum nampak dan ketika sudah pandai berbicara tetapi untuk jalan belum nampak. Maka pada orang tua yang mengalami hal tersebut janganlah panik kepada sang anak bahwa belum bisa jalan dan belum bisa berbicara secara lancar.

Ketika berbicara lancar maka kemungkinan untuk jalan akan telat, begitu juga sebaliknya ketika sudah lancar jalan tetapi untuk berbicara masih belum lancar. Latihlah dengan rutin agar anak bisa bicara dan jalan sendiri. Untuk metode latihan jalan sering kita dengar dari orang tua jaman dahulu bahwa bawalah anak pagi pagi pada rumput dan latihlah diatas rumput yang masih basah, tidak ada salahnya kita lakukan hal tersebut dan percaya 100% juga tidak boleh karena ini hanyalah mitos belaka.

Cek secara rutin juga kepada dokter anak tentang tumbuh kembang anak, apakah anak kita sesuai dengan proses tumbuh kembang yang terjadi pada anak. Kebahagian  yang sangat terasa ketika kita melihat anak kita sudah bisa jalan secara mandiri. Jangan sepelekan juga anak yang sudah lancar berbicara dan bisa diajak ngobrol (nyambung diajak ngobrol) tetapi kita marah marah karena belum bisa jalan, karena sudah bisa bicara duluan maka untuk jalan agak telat, dan ketika saatnya sudah jalan (kurang lebih usia 2 tahun) dia akan jalan dan dia juga berbicara sudah lancar, hal ini akan menyusul/nyalip anak yang sudah bisa jalan tetapi belum  lancar berbicara (pengalaman penulis ketika anak saya lancar berbicara/ngoceh dari umur sebelum 1 tahun, dan untuk jalan agak telat tetapi anak tetangga rumah umur 1 tahun sudah lancar jalan tetapi untuk berbicara masih belum lancar,ketika anak saya umur 2 tahun sudah jalan plus sudah lancar berbicara dan anak tetangga untuk berbicara belum lancar).

Untuk lancar mengucapkan kalimat (berbicara) pada anak latihlah secara rutin oleh kita, kita sebutkan satu persatu benda yang kita ketahuin dan ajarkan pada anak insyaAlloh hal tersebut membantu kosa kata pada anak dalam latihan berbicara. Sering seringlah ajak anak untuk mendongeng walaupun dari segi pengucapan anak belum lancar niscaya anak akan mudah untuk mencerna kalimat yang sering kita ucapkan/perdengarkan.

No comments:

Post a Comment