Tuesday 11 November 2014

Tumbuh Kembang Anak Tidak Harus Sama

Kita sebagai orang tua tidak semestinya menuntut tumbuh kembang anak kita harus sama dengan anak anak yang lainnya. Tumbuh kembang (usia 0 s.d 2 tahun) tiap anak  berbeda jadi jangan sampai kita terlalu panik sehingga efeknya sang anak  yang sering di marahin atau dibanding bandingkan. Misalnya ketika anak beranjak umur 0 bulan sampai 3 bulan belum bisa tengkurap/berbaring sementara bayi yang lain sudah tengkurep maka kita sebagai orang tua jangan lantas panik sehingga menyalahkan sang buah hati yang tak kunjung tengkurep sementara yang lain sudah.

Pelajari dan carilah penyebabnya dahulu anak kita belum bisa tengkurep, ada beberapa faktor yang mungkin menghambat si kecil untuk tidak lekas tengkurep mungkin berat badan si kecil gemuk/montok  sehingga agak susah menggerakan badannya dan si kecil jadi malas, berat badan yang agak kecil memang memudahkan si kecil untuk menggerakan badan.



Tunggulah sampai anak umur 6 bulan untuk tahap tengkurep, untuk bisa tengkurep rajin rajinlah kita sebagai orang tua untuk melatih/merangsang si kecil agar bisa tengkurep, misalkan ketika kasih asi usahakan dengan posisi  miring , berikanlah atau rayu dengan mainan agar si kecil terangsang bergerak.
Setelah tahap tengkurep sudah bisa dilakukan si kecil maka tahap selanjutnya tahap merayap/ngerondang, tahap ini juga tidak serta merta sama semua bayi, ada yang bisa dilakukam ketika si kecil berumur 6 bulanan bahkan ada yg lebih karena memang tumbuh kembang anak tidak bisa disamakan dengan yg lainnya, ketika si kecil belum bisa ngerayap jangan lantas kita putus asa dan menyalahkan si kecil yg tak kunjung merayap, ajarkanlah dan rangsanglah agar si kecil mau belajar merayap.

Sampai dengan tahap berjalan sendiri tiap anak berbeda beda dalam tumbuh kembangnya, ada yang umur 1 tahun lebih sudah bisa jalan , bahkan ada yang umur kurang dari 1 tahun sudah jalan dan bahkan ada yang belum sama sekali ada tanda tanda untuk jalan walau sudah menginjak umur 1.5 tahun. Kita sebagai orang tua harus bisa memahamin kondisi ini janga terlalu dipaksakan untuk  harus bisa ke tahapan tumbuh kembang anak selanjutnya.

Semua ada tahapan dan proses dalam tumbuh kembang  anak mari  kita sebagai orang tua nikmatin proses demi proses tumbung kembang anak kita jangan grusa grusu menuntut agar si kecil harus bisa A, bisa B, bisa C padahal belum waktunya. Usahakan sebagai orang tua kita harus banyak banyak belajar, baik belajar dengan banyak membaca, belajat nanya nanya ke seseorang yang sudah memiliki anak duluan, bahkan kita bisa menanyakan/belajar secara langsung ke orang tua kita karena pastinya mereka lebih tahu tentang tumbuh kembang anak.

Janganlah kita terlalu kuwatir atau panik ketika anak kita tidak sama dengan anak yang lainnya dalam proses tumbuh kembang karena tiap anak berbeda dalam proses tumbuh kembang.
Anak harta yang tak ternilai dengan apapun jagalah dan rawatlah dengan penuh kasih sayang.


No comments:

Post a Comment