Monday 22 December 2014

Menjadikan Nabi Muhammad SAW Teladan Bagi Anak Kita

Bulan Maulud (Rabiul Awwal) 1436  Hijriah telah datang tepatnya pada penghujung bulan Desember 2014 masehi. Pada bulan maulud ini umat islam akan merayakan/memperingati kelahiran Nabi tercinta kita yaitu Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabiul Awwal. Tiap datangnya bulan ini banyak acara acara yang kita lihat baik di desa atau di kota untuk memperingati Maulud Nabi. Jika kita tinggal di desa maka akan terasa sekali banyak acara yang di adakan mulai tanggal 1 sampai 12 rabiul awwal. Memang terjadi perdebatan dalam acara peringatan maulud, ada yang mengatakan bid'ah dan ada yang mengatakan tidak apa apa. Dalam hal ini penulis tidak akan membahas tentang hukum peringatan tersebut, tetapi kita sebagai orang tua dan mempunyai anak sepatutnya bahkan seharusnya Nabi Muhammad  SAW menjadi teladan bagi anak anak kita. 



Pada diri Nabi Muhammad SAW terdapat suri tauladan yang sangat mulia, pada beliaulah semua akhlak yang baik terkumpul pada dirinya. Sebaiknya sejak dini kita kenalkan anak kita dengan pribadi Nabi Muhammad SAW.  Saat ini para anak anak/remaja umat islam seakan akan kehilangan panutan/idola, mereka lebih mengidolakan artis baik artis nasional maupun internasioal, hal ini sungguh sangat menyedihkan dimana para anak anak / remaja tersebut mengikuti tingkah laku dari sang idolanya.

Padahal kalau kita cermat bahwa umat islam sudah mempunyai idola yang sangat dahsyat yaitu Nabi Muhammad SAW, bahkan selain Nabi Muhammad SAW juga terdapat idola idola yang bagus yaitu para sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Abu Bakar r.a, Umar bin Khatab r.a, Ustman bin Afan r.a dan Ali r.a (yang termasuk dalam Khulafaur Rasyidin). Selain 4 sahabat Nabi Muhammad SAW tersebut masih tersebar banyak sekali idola idola islam yang dahsyat lagi semisal Salman Al Farizi yang begitu tangguh dalam medan peperangan dan masih banyak sahabat sahabat Nabi Muhammad SAW yang lainnya yang akhlaknya tidak kita ragukan lagi.

Sejak dinilah kita tanamkan pada anak anak kita tentang akhlak mulia yang terdapat pada Nabi Muhammad SAW sehingga kelak menginjak besar anak kita, mereka tidak bingung lagi siapa idola mereka yang sesungguhnya. Bukan artis atau pejabat yang menjadi idola anak kita, tetapi Nabi Muhammad SAW idola yang seharusnya dianut oleh kaum muslimin.

No comments:

Post a Comment