Wednesday 3 December 2014

Manfaat Mendongeng Bagi Buah Hati

Mendongeng merupakan hal yang paling digemarin oleh sang buah hati. Ada baiknya kegiatan mendongeng ini dilakukan ketika buah hati masih dijanin, walaupun masih di perut sang bunda sejatinya buah hati bisa mendengar apa yang kita bicarakan, sudah bayak para ilmuwan ilmuwan yang memaparkan bahwa memang bagus ketika si bauh hati dalam kandungan kita sering ajak berbicara, apalagi dengan cara mendongeng bahkan dalam ajaran agama islam sangat di anjurkan untuk sering dibacakan ayat ayat al qur'an pada perut sang bunda ketika belum melahirkan.



Kegiatan mendongeng ini sangat bermanfaat bagi perkembangan sang anak. Seiring perkembangan jaman dan teknologi kegiatan mendonget ini makin jarang dilakukan oleh orang tua  kepada anak. Kegiatan dongeng ini seakan akan sudah tergantikan dengan adanya TV dan Smartphone, sehingga anak terlalu sibuk dengan tayangan di TV dan kegiatan main game di Smartphone.

Tentu kita sebagai orang tua pada saat kita kecil rasanya kegiatan mendongen ini selalu  kita dengar dari para orang tua kita. Sebelum kita tidur kita selalu dibacakan dongeng oleh orang tua kita, bahkan dongeng si kancil menjadi favorit untuk kita pada saat itu. Tidak lupa orang tua kita juga menceritakan hikayat cerita dalam islam, baik cerita tentang Nabi Mumammad atau cerita para ulama dan sahabat nabi.

Kita sebagai orang tua sempatkanlah kegiatan mendongeng ini bagi anak kita,begitu banyak manfaat mendongeng ini diantaranya :
1. bisa merekatkan hubungan anak dan orang tua sehingga terjadi ikatan batin yang kuat antara anak  dan orang tua.

2. membantu perkembangan kecerdasan anak.

3. dengan mendongeng membantu mengoptimalkan psikologis anak.

4. dengan mendongeng ini bisa mengembangkan daya imajanasi  pada anak, ketika kita mendongeng sebuah cerita/hikayat maka secara otomatis anak akan membayangkan kejadian yang kita ceritakan.

5. dengan kegiatan mendongeng secara rutin pada anak, maka hal ino dapat Meningkatkan minat baca pada anak, sehingg anak akan selalu mencari bacaan  yang baru untuk di ceritakan lagi atau anak akan berusaha membaca kembali setelah di ceritakan oleh kita.

6.Memperbanyak perbendaharaan kamus kalimat/kata kata/peribahasa pada anak, hal ini pasti berbeda pada anak yang tidak/jarang di dongengkan sama orang tuanya.


Marilah kita sebagai orang tua untuk banyak banyak/sering memdongeng untuk buah hati kita,jangan sampai terucap dengan alasan "ahhh repot gak ada waktu", "ahh kan bukan jamannya lagi'.

Ayukkkk kalau bukan kita siapa lagi yang akan mendongeng buat anak kita.

No comments:

Post a Comment