Sunday 7 December 2014

Waspadai Musim Penghujan Bagi Sang Buah Hati

Musim penghujan telah tiba pada akhir tahun 2014 ini. Dengan datangnya musim hujan ini biasanya akan mengakibatkan si buah hati bisa sakit karena perpindahan musim dari musim panas ke musim hujan (pancaroba). Memang dengan perpindahan musim ini akan berdampak bagi kondisi si buah hati, apalagi jika kondisi ketahanan tubuh si kecil tidak kuat, hal ini akan cepat membuat si kecil sakit panas dingin dan flu.

Bermain air memanglah media yang sangat digemarin oleh si kecil, apalagi ketika pas datangnya hujan maka si kecil dengan gerak cepat langsung lari keluar rumah untuk segera hujan hujanan. Kita sebagai orang tua yang pernah juga merasakan masa masa kecil memang main air/hujan hujanan sangat senang, sambil lari larian dahulu kita hujan-hujanan, main perang-perangan air dan bahkan sambil mencuci baju-baju yang kita kenakan.

Kita sebagai orang tua memang harus secara maksimal untuk melindungi si kecil pada musim hujan ini. Efek yang sering dirasakan adalah dengan datangnya musim hujan ini si kecil jadi rentan sakit dan bersin-bersin (flu). Siapkan selalu dirumah kita obat obat penurun panas dan obat flu untuk si kecil agar ketika pas terkena bisa secara cepat kita memberikannya dan tidak berlarut larut sakit. 

Kita juga harus bisa mengarahkan ketika datang hujan si kecil tidak harus melulu main dengan air, berikan pengarahan bahwa hujan itu tidak baik untuk bermain main dan bisa menyebabkan badan si kecil rentan sakit. Jika pas hujan mau turun dan si kecil masih diluar bermain main, maka usahakanlah kita sebagai orang tua untuk segara mencari dimana si kecil bermain untuk segara pulang.

Siapkan jas hujan untuk si kecil ketika akan berangkat sekolah, karena hujan itu datangnya bisa kapan saja. Siapkan obat obat penghangat badan / minyak penghangat badan untuk si kecil, kita juga tidak harus mengekang/melarang sama sekali si kecil untuk bermain air (hujan-hujanan) karena dengan mengekang maka kita membelenggu kebebasan sang anak, di balik aktifitas untuk bermain hujan hujanan ada kecerian yang di pancarkan dari wajah si kecil. Intinya kita harus bisa mengatur segala tingkah laku si kecil dengan bijak bukan dengan jalan kekerasan, perlakukan si kecil sebagai sahabat anda bukan sebagai atasan/juragan yang tiap kemauan anda si kecil harus mematuhinya.

No comments:

Post a Comment